Home » , » Meninggalnya Salah Seorang pemikir Liberal Indonesia

Meninggalnya Salah Seorang pemikir Liberal Indonesia


Moeslim Abdurrahman (64) seorang tokoh pemikir liberal, wafat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat, Jumat malam, sekitar pukul 20.00 WIB karena serangan jantung.

"Dia terkena serangan jantung dan sejak dua hari lalu dirawat di RSCM," kata budayawan Garin Nugroho seperti dirilis Antaranews, Jum'at malam (6/7).

Mantan Direktur Eksekutif Wahid Institute Ahmad Suaedy juga membenarkan kepergian cendekiawan muslim ini.

"Selama dirawat sempat sms-an dengan saya. Katanya nggak apa-apa," kata Ahmad Suaedy.

Menurut dia, Moeslim Abdurrahman sebelum masuk rumah sakit masih sempat mengisi salah satu seminar. Saat ini jenazah sedang dalam perjalanan menuju rumah duka di kawasan Pondok Gede, Bekasi.

Garin mengatakan, pemakaman jenazah masih menunggu hasil runding pihak keluarga.

Moeslim Abdurrahman lahir di Lamongan 8 Agustus 1958. Tokoh ini dikenal dekat dengan banyak kalangan. Beberapa karyanya antara lain Kang Towil dan Siti Marginal, Islam Transformatif, Semarak Islam Semarak Demokrasi, dan Islam Sebagai Kritik Sosial.

Moeslim Abdurahman dikenal sebagai pemikir liberal yang sering menyampaikan gagasan-gagasan nyeleneh seperti menilai Ibadah haji sebagai dongeng yang di wariskan oleh Nabi Ibrahim Alaihis Salam. Dia juga dikenal sebagai penentang keras diterapkannya syari'ah Islam dengan alasan kalau syari'at Islam diterapkan maka yang jadi korban pertama adalah perempuan.

Sebagai muslim tentunya Kita tetap mendo'akannya, semoga Allah memberi hidayah padanya di saat menjelang akhir hayatnya.
Share this article :
 
Support : Enlightening Your Life With Us |
Copyright © 2012. Ramadhanus - All Rights Reserved
Supported by Gradasi Learning Institute
Jl. T. Nyak Arief No. 11 Lamnyong Banda Aceh, 085277471136 or 085260816081