Home » , » Sabun antibakteri sebabkan sakit jantung

Sabun antibakteri sebabkan sakit jantung

Sabun antibakteri yang biasa Anda gunakan dinilai berbahaya? Penelitian gabungan dari University of California dan University of Colorado menunjukkan senyawa triclosan yang menjadi bahan dalam produk sabun antibakteri dan produk seperti deodoran, pasta gigi dan obat kumur, menyebabkan gangguan fungsi otot pada tikus, serta memperlambat ikan berenang.

Bahan kimia ini juga melemahkan kontraksi otot jantung dan rangka tubuh sehingga berkontribusi pada penyakit jantung dan gagal jantung.

Meskipun bukti toksisitas didasarkan pada hewan, beberapa ahli mengatakan hal tersebut mungkin memengaruhi manusia juga.

"Kami telah menemukan bahwa triclosan berpotensi merusak fungsi otot dengan cara menggangu sinyal antara dua protein yang penting. Tampaknya pemerintah harus meninjau kembali penggunaan bahan ini dalam produk rumah tangga," ujar peneliti Isaac Pessah, dilansir melalui Livescince (15/8).

Sebelumnya, paparan triclosan ditemukan dapat mengubah regulasi hormon pada hewan laboratorium atau menyebabkan resistensi antibakteri.

Sumber : Waspada
Share this article :
 
Support : Enlightening Your Life With Us |
Copyright © 2012. Ramadhanus - All Rights Reserved
Supported by Gradasi Learning Institute
Jl. T. Nyak Arief No. 11 Lamnyong Banda Aceh, 085277471136 or 085260816081