Home » , » Inilah Sitkom BBC yang Dituding Menghina Muslim

Inilah Sitkom BBC yang Dituding Menghina Muslim


Hanya dalam satu kali tayang, program komedi situasi buatan BBC langsung menuai protes dari warga Muslim Inggris.
Inilah yang terjadi dalam episode pertama 'Citizen Khan'. Saat penayangan perdana, ada 200 komplain yang masuk. Rata-rata mengecam sitkom itu sebagai 'mempermainkan Islam', membuat stereotip masyarakat Asia dan menghina Alquran.
Dalam satu adegan yang memicu kemarahan adalah cerita tentang seorang gadis, anak perempuan Khan, yang langsung memakai jilbab dan pura-pura membaca Alquran ketika ayahnya tiba-tiba masuk.
''Sangat mengecewakan, apalagi melihat adegan ketika ayahnya masuk dan anaknya dengan kasar membuka Alquran,'' ungkap seorang pemirsa dengan kesal.
Mereka juga mengkritik stereotipe soal Muslim Inggris. 
Namun, pihak BBC tetap berbesar hati dengan tayangan ini. ''Citizen Khan mendapatkan sambutan yang sangat positif dengan pemirsa mencapai 3,6 juta dan share 21, 5 persen,'' ungkap BBC.
Adil Ray, pemeran utama sekaligus produser acara yang juga seorang Muslim, menyebutkan,''Ini adalah kesempatan besar yang tampil lewat karakter Tuan Khan, seorang Muslim Pakistan, yang sanggup menghadirkan berbagai konflik dan mampu juga menertawakan diri sendiri. Saya sendiri sangat yakin tentang itu.''
Sumber : Republika
Share this article :
 
Support : Enlightening Your Life With Us |
Copyright © 2012. Ramadhanus - All Rights Reserved
Supported by Gradasi Learning Institute
Jl. T. Nyak Arief No. 11 Lamnyong Banda Aceh, 085277471136 or 085260816081