Home » , » Pengawal Bunuh Menhan Suriah dan Ipar Assad

Pengawal Bunuh Menhan Suriah dan Ipar Assad

Menteri pertahanan Suriah dan ipar Presiden Bashar Al Assad, keduanya terbunuh dalam sebuah serangan bom bunuh diri. Demikian menurut laporan stasiun televisi pemerintah Suriah yang dikutip Euronews(18/7/2012).

Seorang pejabat keamanan mengatakan bahwa pelaku bom bunuh diri adalah seorang pengawal di lingkaran dalam Presiden Al Assad.

Serangan itu terjadi di markas besar pasukan rezim di Damaskus, dan terjadi saat ketegangan memuncak di ibukota Suriah.

Dua kelompok dikabarkan telah mengaku sebagai pelaku serangan, yang katanya juga memakan korban sejumlah pejabat penting Suriah lainnya.

Sebuah kelompok pemberontak dan Free Syrian Army sama-sama mengaku sebagai pelaku serangan itu.
Sebelum terjadi serangan, pihak pendukung pemerintah mengatakan bahwa kelompok oposisi akan dikalahkan.

“Menurut saya situasi di Damaskus lebih banyak berada di bawah kontrol pasukan pemerintah yang akan mengenyahkan para pemberontak di pusat-pusat kerusuhan tempat di mana mereka bentrok,” kata Adnan Abed pimpinan redaksi koran resmi Partai Baath.

Sementara itu Reuters yang mengutip saluran televisi Libanon Al Maydin melaporkan, disamping Menteri Pertahanan Daud Rajha dan ipar Assad yang tewas, sejumlah pejabat keamanan juga ikut terbunuh dalam serangan itu, sementara pertempuran terlihat terjadi dekat istana kepresidenan Assad.

Pasukan Garda Republik menutup daerah sekitar Rumah Sakit Shami di utara Damaskus, menunjukkan bahwa sejumlah pejabat mengalami luka-luka, kata aktivis yang dihubungi lewat telepon.

“Ledakan oleh teroris yang menarget bangunan keamanan nasional di Damaskus itu terjadi saat berlangsung pertemuan para menteri beserta sejumlah kepala badan keamanan,” lapor stasiun televisi itu.*

Rep: Ama Farah
Red: Dija

Sumber : Hidayatullah
Share this article :
 
Support : Enlightening Your Life With Us |
Copyright © 2012. Ramadhanus - All Rights Reserved
Supported by Gradasi Learning Institute
Jl. T. Nyak Arief No. 11 Lamnyong Banda Aceh, 085277471136 or 085260816081