Home » , » Minimalisir Rabies, Anjing Diikutkan KB

Minimalisir Rabies, Anjing Diikutkan KB

Denpasar Program penundaan kehamilan atau yang disebut program KB bukan hanya pada manusia saja. Di Denpasar, sedikitnya ada 100 anjing betina liar disuntik hormon KB atau suntik penundaan kehamilan. 

Program KB pada binatang ini difokuskan untuk anjing liar. Tindakan ini diambil untuk meminimalisir penyakit rabies yang biasa ditularkan dari anjing yang tidak diberikan suntikan Virus Anti Rabies (VAR).

"Target kita adalah 500 anjing liar di Denpasar yang kita suntik hormon penundaan kehamilan (KB). Sampai sekarang sudah ada 100 anjing yang kita suntik KB," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kelautan Kota Denpasar, AA Bayu Bramasta, kepada wartawan, Selasa (24/7/2012).

Sistem kerja KB ini sama dengan model pemberian suntik KB pada manusia. Untuk menyelesaikan 500 target anjing yang harus di KB, Dinas Peternakan dan Kelautan menargetkan pada bulan Agustus ini sudah bisa selesai.

Sementara itu, berdasarkan data di dinas, saat ini populasi anjing di Denpasar mencapai 35 ribu ekor. Dari jumlah itu sebagian besar atau sekitar 29 ribu ekor diantaranya sudah mendapatkan suntikan VAR.


(gds/try)

Sumber : newsdetik
Share this article :
 
Support : Enlightening Your Life With Us |
Copyright © 2012. Ramadhanus - All Rights Reserved
Supported by Gradasi Learning Institute
Jl. T. Nyak Arief No. 11 Lamnyong Banda Aceh, 085277471136 or 085260816081